Mengenal Kain Ulos,Pilihan Oleh-Oleh Khas Batak yang Bisa Dibawa Pulang

Salam, Mamnichers! Indonesia sangat terkenal dalam pembuatan kain tradisional, salah satunya adalah batik, yang juga dikenal sebagai pakaian adat; namun, kain tradisional juga dapat digunakan untuk pakaian selain batik. Sumatera Utara, seperti daerah lain di Indonesia, memiliki kain tradisional Batak Toba yang unik. Kain tenun ini disebut sebagai “ulos”.

Ulos tidak hanya digunakan sebagai pakaian, tetapi juga digunakan sebagai hadiah seremonial karena menjadi simbol status Suku Batak dan akhirnya menjadi bagian dari pakaian adat Suku Batak.

Pembuatan Kain Ulos: Seperti yang Anda ketahui, Sobat Pesona, kaum wanita secara tradisional bertanggung jawab untuk menenun kain ulos. Masyarakat setempat percaya bahwa proses menenun terkait dengan peran perempuan dalam menjaga keluarga, anak, dan masyarakat. Menenun biasanya hanya dilakukan selama waktu luang. Tak mengherankan bahwa membuat satu kain ulos terkadang membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Biasanya, kain ulos terbuat dari benang kapas, dan pewarnaan dilakukan dengan merendam benang dalam pewarna alami yang berasal dari tanaman. Tanaman indigo memberikan warna biru, kayu secang dan mengkudu memberikan warna merah, kunyit memberikan warna kuning, dan campuran indigo dan kunyit membuat warna hijau.

Kain ulos memiliki ciri khasnya sendiri karena prosesnya yang lama dan unik. Tidak mengherankan bahwa banyak pengunjung yang ingin mengetahui prosesnya dan bahkan ingin memilikinya sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Sobat Pesona, tiga desa di pesisir barat laut Danau Toba, Tongging, Paropo, dan Silalahi, masih menjual kain ulos tradisional.

Pembuatan ulos saat ini lebih maju dengan menggunakan ATBM (alat tenun bukan mesin). Selain itu, benang yang dipakai dibuat menggunakan benang jadi daripada dibuat sendiri. Selain itu, banyak penenun yang menggunakan pewarna sintetis untuk membuat kain ulos karena harganya lebih murah.

Sobat Pesona dapat membawa kain ulos sebagai oleh-oleh selama perjalanan ke Danau Toba dan wilayah sekitarnya. Sobat Pesona harus memiliki pemahaman tentang tiga jenis kain ulos, yaitu:

Jenis Kain Ulos Tiga Jenis

1. Kain Ulos Sibolang

Salah satu jenis ulos yang paling banyak digunakan adalah ulos sibolang. Ulos sibolang adalah kain ulos berwarna biru dengan pola mata panah. Ini biasanya digunakan sebagai sarung atau selendang. Sobat Pesona yang beragama Muslim akan sangat menarik untuk menggunakan ulos sibolang saat beribadah. 

2. Kain Ulos Ragi Hotang:

Ulos ragi hotang, juga disebut kain rotan berbintik, adalah kain ulos dengan tepi lebar dan berjumbai. Orang Batak biasanya menggunakan ulos ini untuk pernikahan. Kain ulos ragi hotang adalah simbol hubungan kasih sayang. Jadi, ketika ulos diletakkan di bahu kedua mempelai, mereka berharap perkawinan mereka akan bertahan lama dan ikatan mereka akan kuat. Selain itu, bayi laki-laki biasanya dilahirkan dengan ulos ragi hotang.

Ulos ragi hotang memiliki makna yang cukup mendalam, seperti yang terlihat dari penjelasan sebelumnya. Tidak mengherankan bahwa Sobat Pesona sangat menyukai ulos ragi hotang saat berlibur ke Sumatera Utara.

3. Kain Ulos Ragi Hidup

Ulos ragi hidup, juga dikenal sebagai pola hidup, adalah ulos yang hanya digunakan oleh laki-laki. Seorang janda juga biasanya mengenakan ulos jenis ini di tempat-tempat tertentu. Motif unik yang dimiliki ulos ragi hidup adalah dua strip bidang di bagian atas dan bawah yang berwarna-warni.

Jika Mamnichers ingin membeli kain ulos di Sumatera Utara, Pematang Siantar atau Balige adalah tempat yang tepat untuk melakukannya. Selain itu, ulos dapat ditemukan di toko suvenir atau toko kerajinan tangan di sekitar Tomok atau Tuktuk.

Saat membeli ulos, perhatikan teksturnya. Ulos yang terlalu halus mungkin dibuat dengan mesin dan menggunakan pewarna sintetis. Ulos yang ditenun tangan asli akan terasa lebih kasar saat disentuh. 

Mamnichers, ini adalah semua hal yang perlu Anda ketahui tentang kain ulos. Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk membantu Anda mengetahui apa yang menarik dari kain ulos saat Anda pergi ke tempat pembuatan langsung. 

Dengan menggunakan kamera atau gawai, Sobat Pesona juga dapat mengabadikan pemandangan dan suasana proses pembuatan kain ulos. Saat Sobat Pesona berada di tempat wisata mana pun, pastikan untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir. Jangan lupa untuk membeli produk lokal dan semakin menghargai warisan budaya bangsa Anda!

Menu Home About Us Collections Education Articles Contacts Songket: Kilau Khas Indonesia dalam Setiap Rajutan Indonesia, negeri yang kaya akan budaya, menghadirkan …

Menu Home About Us Collections Education Articles Contacts Tips Cuci-Jemur (Tenun Ikat): Perawatan Khusus untuk Keindahan yang Tetap Awet Dalam merawat kain …

1st Hand Manufacture | Fashion, Custom Bag & Souvenir Etnic

MENU

CONTACT US

Don’t miss our future updates! Get Subscribed Today!

©2023. Copyright Mamnich 2023

Scroll to Top